Jumat, 27 November 2009

SCI-TECH : ASTRO ISSUES

Alien diyakini ada di luar bumi kita tercinta
Pakar astrofisika terkemuka, Stephen Hawking yakin kalo alien mungkin ada dalam bentuk primitive di luar bumi. Hawking mengatakan, bahwa kalau pun ada kehidupan primitive di ruang galaksi kita, di sana mungkin tidak ada makhluk cerdas. Menurut beliau, ada tiga pendapat mengenai kehidupan di luar bumi. Kemungkinan pertama, kehidupan primitive di suatu planet memang sangat kecil. Kemungkinan kedua, ada makhluk cerdas di suatu tempat yang bisa mengirimkan sinyal komunikasi ke luar angkasa sampai bisa membangun kekuatan senjata nuklir. Kemungkinan terakhir, ada kehidupan lain tapi tidak secerdas kita.

Galaksi terjauh dan tertua terekam oleh teleskop
Teleskop ruang angkasa Hubble dan Spitzer memecahkan rekor lagi dengan merekam galaksi terjauh dan tertua di alam semesta. Galaksi ini diberi nama A 1689-zD 1. galaksi ini diperkirakan terbentuk sejak 13 miliar tahun lalu, saat alam semesta baru berusia 700 juta tahun. Ia termasuk galaksi-galaksi pertama yang terbentuk. Menurut professor astronomi dari Johns Hopkins University USA, Holland Ford, galaksi ini memiliki bentuk yang berbeda dengan galaksi Bima Sakti. Bentuknya lebih tipis dan kecil. Ia memiliki dua pusat dan formasi bintang yang extrim.

Rasi-rasi bintang zodiac hanya terlihat di langit September
Mengapa zodiac-zodiac seperti Virgo, Libra, Scorpius, Sagitarius, Capricornus, Aquarius, Pisces, Aries, dan Taurus terlihat pada malam hari di bulan September? Bukankah menurut astrologi Scorpius seharusnya berada di bulan Oktober-November, Sagitarius di bulan November-Desember, Capricornus di bulan Desember-Januari, dan seterusnya…? Tak ada yang salah dengan fenomena langit yang terlihat oleh diri kita. Yang ada hanyalah salah tafsir dari rentang bulan dalam zodiac yang dibuat di media massa.

Ada mini Black Hole
Ilmuwan-ilmuwan dari NASA telah mengidentifikasi black hole terkecil yang pernah ditemukan, yang empat kali lebih dibandingkan massa matahari dan berukuran sedang seukuran kota besar. Black hole mini ini diberi nama J1650. black hole ini terbentuk dari sebuah bintang yang kehabisan bahan bakar dan mati karena gravitasinya sendiri. Menurut Nikolai Shaposhnikov dari NASA, penemuan black hole mini ini adalah langkah besar untuk menjawab pertanyaan para ilmuwan tentang ukuran terkecil dari suatu black hole.

0 komentar:

Posting Komentar